SELAMAT DATANG DI BLOG PEMERINTAH DESA SIDOREKSO

Monday, August 15, 2011

Siswa-Siswi MI NU Sidorekso Sambut Meriah Tim II KKN Undip

(27/07) Sambutan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Nadhlatul Ulama (MI NU) Desa Sidorekso, Kaliwungu, Kudus begitu meriah saat tim II KKN melakukan kegiatan. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain penyuluhan cuci tangan dengan  sabun, penyuluhan kesehatan gigi dan pelatihan pembuatan telur asin. Para siswa MI terlihat begitu antusias dan memperhatikan pengarahan dari Tim II KKN Undip. Penyuluhan cuci tangan dengan sabun dan kesehatan gigi diberikan untuk siswa kelas 1 sedangkan pelatihan telur asin diberikan pada siswa kelas 3.

Cuci tangan: Cara mudah basmi kuman
Mencuci tangan dengan baik merupakan benteng pertahanan tubuh pertama dalam mencegah sakit. Dengan membiasakan diri dengan perilaku sehat sejak dini diharapkan dapat menekan angka terjadinya diare, tifoid, dan penyakit menular lainnya. Gerakan cuci tangan dengan sabun merupakan bagian dari kebijakan pemerintah untuk pengendalian risiko penyakit yang berhubungan dengan lingkungan seperti penyakit diare, penyakit cacingan, dan tifoid.
Diikuti oleh 15 siswa kelas 1 MI UN Sidorekso, kegiatan diawali dengan menonton film berdurasi lima menit tentang akibat tidak mencuci tangan sebelum makan. Celotehan polos khas anak-anak membuat suasana bertambah hidup. Seorang anak mengomentari film yang diputar dan disambut dengan tawa riuh seisi kelas. Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan singkat mengenai cuci tangan dan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab para siswa terlihat antusias dalam menjawab pertanyaan. Kegiatan diakhiri dengan praktek cara mencuci tangan yang benar dengan sabun. Diharapkan dengan dilakukannya penyuluhan ini dapat meningkatkan pengetahuan atas pentingnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun sebagai upaya mencegah penyakit menular.

0 comments:

Post a Comment